BERITA PALING UPDATE by Rere Lim

Monday, October 3, 2016

RUPIAH MENGUAT EKONOMI TERTEKAN

https://goo.gl/

Nilai ganti rupiah pada dolar Amerika Serikat (AS) dapat menguat di awal minggu ini. Tetapi penguatan itu masihlah terbatas.

Mengutip Bloomberg, Senin (3/10/2016), rupiah di buka di angka 13. 014 per dolar AS, menguat bila dibanding dengan penutupan perdagangan terlebih dulu yang ada di angka 13. 042 per dolar AS.

Mulai sejak pagi sampai siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 12. 991 per dolar AS sampai 13. 035 per dolar AS. Bila dihitung mulai sejak awal th., rupiah dapat menguat 5, 72 %.

Sedang berdasar pada Kurs Rujukan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), pada awal bln. ini rupiah di buka di angka 13. 010 per dolar AS, melemah bila dibanding dengan patokan perdagangan Jumat lantas yang ada di angka 12. 998 per dolar AS.

Mata duit euro menguat lantaran kenaikan saham Deutsche Bank AG hingga menghimpit dolar AS. penurunan dolar AS itu memberi tenaga untuk rupiah untuk dapat ada di zona hijau di awal minggu ini.

" Gerakan euro bergerak searah dengan reli saham Deutsche Bank. " terang analis mata duit Jefferies Grup LLC, Brad Bechtel.

Ekonom PT Samuel Sekuritas Rangga Cipta menerangkan, ketidakpastian global pernah menghimpit rupiah untuk kembali pada atas 13. 000 per dolar AS pada perdagangan Jumat tempo hari berbarengan dengan mata duit Asia lain.

" Tetapi sentimen positif dari pencapaian tax amnesty yang melebihi ekspektasi jadi pendorong rupiah, " papar dia.

No comments:

Post a Comment