BERITA PALING UPDATE by Rere Lim

Tuesday, October 25, 2016

DEPARTEMEN PENDIDIKAN AKAN MENGHAPUS UJIAN NASIONAL

Departemen pendidikan berencana untuk meniadakan ujian nasional di 30 persen sekolah di Indonesia. Penghapusan tersebut hanya berlaku bagi sekolah yang mempunyai standar nasional saja.

"Sudah ada 30 persen sekolah yang dari segi kualitas maupun skor akademik sudah di atas rata-rata nasional," kata menteri pendidikan dan kebudayaan Muhadjir Effendy usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Wapres.

Dia juga menjelaskan bahwa, pelaksanaan ujian nasional merupakan instrument yang digunakan pemerintah untuk memetakan kemampuan masing-masing sekolah di Tanah Air.

Dengan demikian, diketahui kekurangan dan kelebihan dari setiap sekolah. Jika masih ada sekolah yang mengalami kekurangan, pemerintah akan memberikan pelatihan untuk memperbaiki kualitas dari sekolah tersebut.

Pelatihan itu juga akan diberikan selama beberapat tahun dan akan diuji kembali nantinya. Jikalau sudah mencapai standar maka tidak harus mengikuti ujian nasional kembali dan akan diberi penghargaan. Salah satu yang akan dilakukan oleh pemerintah yaitu memperbaiki kualitas dari gurunya.

Jika suatu sekolah terletak di bagian pelajaran tertentu misalnya ilmu pengetahuan alam maka yang akan ditingkatkan adalah laboratoriumya dan buku yang dimiliki tersebut. salah satu upaya yang harus dilakukan adalah fokus terhadap masalah yang dihadapi dan tidak melihat secara nasional, kita hatus melihat sisi lemah dimana, di kota mana.

No comments:

Post a Comment