BERITA PALING UPDATE by Rere Lim

Tuesday, October 18, 2016

INILAH FOTO MARS TERBARU OLEH NASA


Citra yang di ambil wahana Mars Atmosphere and Volatile Evolution (MAVEN) tunjukkan muka Mars yang tidak pernah diliat terlebih dulu.

Dalam citra itu, Mars tampak kekuningan, bukanlah merah seperti umumnya. Hal semacam itu lantaran MAVEN mengambilnya dengan kamera Imaging Ultraviolet Spectograph yang berbasiskan cahaya UV.

Muka Mars yang tidak sama itu membuka fenomena yang bikin Mars tetaplah tampak bercahaya saat malam. Fenomena itu dimaksud nightglow.

Nightglow dipicu oleh cahaya ultraviolet dari matahari waktu siang yang memecah molekul gas karbon dioksida serta nitrogen.

Atom hasil pemecahan molekul itu dibawa angin melingkari mars. Malamnya, atom itu turun ke susunan atmosfer yang lebih rendah, membuat molekul nitrogen oksida (NO). Daya dari sistem itu menjelma jadi sinar UV.

Fenomena nightglow sesungguhnya berlangsung di semuanya planet. MAVEN yaitu wahana antariksa pertama yang sukses merekam fenomena itu di Mars.

Terkecuali nightglow, MAVEN juga mendokumentasikan fenomena pembentukan awan di gunung raksasa mars dan susunan ozon di kutub planet itu.

 " Orbit MAVEN dapat disebut begitu cocok, " kata Juicetin Deighan dari University of Colorado yang mempimpin observasi dengan MAVEN.

 " MAVEN cukup tinggi untuk mengambil citra global namun mengobrit cepat hingga dapat mengambil beberapa muka mars dari hari ke hari, " paparnya.

Wahana MAVEN di luncurkan mulai sejak 18 November 2013, bertugas pelajari atmosfer mars. Dengan MAVEN, ilmuwan mengharapkan temukan peluang mars mensupport kehidupan pada saat lantas serta sekarang ini.

No comments:

Post a Comment